pembagian harta gono gini - An Overview

Wiki Article

Sebenarnya, konflik yang dipicu oleh pembagian harta bersama ini bisa dihindari dengan membuat  perjanjian pranikah atau prenuptial agreement sebelum melangsungkan pernikahan.

Namun terkadang dalam proses cerai juga bisa timbul beberapa masalah atau kebingungan yang lainnya. Untuk itu, Justika memiliki solusi untuk masalah atau kebingungan Anda terkait perceraian melalui laman ini.

Jika Anda membutuhkan konsultasi hukum terkait pembagian harta gono gini untuk anak, jangan ragu untuk menghubungi layanan konsultasi hukum kami. Kami siap membantu Anda melalui proses ini dengan pemahaman, keahlian, dan komitmen.

Berikut adalah panduan langkah-langkah yang dapat membantu Anda dalam pembagian harta gono gini setelah perceraian:

Melalui jalur pengadilan Perihal pembagian harta gono gini melalui jalur pengadilan merupakan cara terakhir yang di tempuh oleh pasangan suami atau isteri yang hendak melangsungkan perceraian jika cara pembagian diluar pengadilan tidak berhasil, proses pengajuan harta gono gini melalui jalur pengadilan dengan membawa syarat sebagai berikut: Akta perkawinan, Akta perceraian, Bukti putusan pengadilan, bukti kepemilikah harta benda, Kartu e KTP, Kartu keluarga, bukti hutang piutang selama perkawinan berlangsung dan yang terakhir adalah harta yang lainya yang terjadi selama perkawinan berlangsung.

membayar panjar biaya perkara disesuaikan dengan tempat tinggal penggugat atau tergugat serta berdasarkan jenis perkaranya.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengurus pembagian harta gono-gini perceraian. Hal ini dilakukan agar baik pihak suami atau pembagian harta gono gini pihak istri memperoleh pembagian yang adil terkait harta bersamanya setelah bercerai nanti. Simak berikut ini cara-cara yang bisa dilakukan untuk mengurus pembagian harta gono-gini tersebut. 

Bila Anda ingin konsultasi dan atau membutuhkan penanganan kasus hukum terkait dan kasus hukum lainnya, silahkan hubungi kami: ProVeritas Attorneys

harta gono gini Temukan definisi istilah-istilah hukum secara gratis dan tepercaya dari peraturan perundang-undangan

Sejak berlakunya UU Perkawinan tentang perkawinan sebagai hukum positif, bahwa harta benda yang diperoleh selama perkawinan menjadi harta bersama, sehingga pada saat terjadinya perceraian, harta bersama tersebut harus dibagi sama rata antara mantan suami istri.

Namun berbeda dengan pasangan yang bukan beragama Islam atau non-muslim. Seperti yang sudah diatur dalam

Pengajuan gugatan harta gono gini ke Pengadilan Agama bisa dilakukan setelah sidang putusan cerai keluar. Pengajuan bisa dilakukan oleh pihak yang merasa dirugikan atas pembagian harta gono gini. Adapun langkah-langkah gugatan yang perlu dilakukan:

Namun, pada prakteknya hakim tidak selalu membaginya dengan aturan tersebut. Pembagian juga harus memperhatikan keadaan suami dan istri.

Nah, dalam perjanjian pranikah inilah diatut sedemikian rupa mengenai pembagian harta bersama dengan adil dan tidak merugikan salah satu pihak. 

Report this wiki page